SIGIN SOUND SYSTEM, Menyewakan Perlengkapan Untuk Hajatan Seperti Sound System, Terop, Video Syuting dan lain-lain. Dsn. Dungkul, Ds. Dawung, Jogorogo, Ngawi Benteng Van Den Bosch | INDAHNYA BERBAGI ILMU

Minggu

Benteng Van Den Bosch


Benteng Van Den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem ini merupakan salah satu peninggalan pada zaman kolonial Hindia Belanda yang tersisa di Ngawi. Benteng Pendem Ngawi dibangun oleh Gubernur Jenderal Defensieljn Van Den Bosch sekitar dua abad lalu atau pada tahun 1839, dengan memanfaatkan keberadaan aliran Bengawan Solo dan Bengawan Madiun. Selain berfungsi untuk zona pertahanan, pembangunan benteng ini juga untuk memudahkan arus tranportasi di aliran dua sungai. Dipercaya, para pedagang dari Surakarta-Yogyakarta pada waktu dulu harus lewat Ngawi jika menuju bandara di Surabaya, demikian juga halnya dengan para pedagang dari arah Pacitan, Madiun, dan Maospati. Hal inilah yang menggolongkan Ngawi sebagai tempat strategis karena merupakan pertemuan jalur perdagangan air lewat Bengawan Solo.
Meski telah dimakan usia, bangunan benteng pendem masih terlihat sangat kokoh. Yang terdiri dari pintu gerbang utama, ratusan kamar untuk para tentara, halaman rumput di tengah bangunan, dan beberapa ruang yang dulunya diyakini sebagai kandang-kandang kuda. Selain itu, bangunan benteng ini dikelilingi gundukan tanah yang sengaja dibangun untuk menahan serangan dan luapan air Bengawan Solo. Hal inilah yang membuat bangunan benteng seperti terpendam.
Sejak dibuka untuk umum, masyarakat bisa melihat bangunan benteng dari dekat. Hanya dengan membayar tiket retribusi sebesar Rp1.000 per orang, masyarakat bisa melihat sisa-sisa kekuatan Benteng Pendem pada masa penjajahan Belanda. Bagi anda yang ingin berkunjung, tidak perlu khawatir karena lokasi obyek wisata ini bisa dijangkau dengan semua sarana transportasi karena letaknya yang  dekat dengan pusat kota, tepatnya di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Ngawi-Jawa Timur.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

5 komentar:

Aan Aryanto mengatakan...

siiip gan postingane,... udah aq follow, follow back ya.. http://www.aancomp.blogspot.com

Indahnya Berbagi Ilmu mengatakan...

siap gan...

Lirik Lagu Populer mengatakan...

lha itu siapanya gan,,? hehe..
http://lyricpopuler.blogspot.com/

andri mengatakan...

Ijin Copy-copy buat bahan artikel blogku sobat. :)
Salam Kenal Mas'e

Indahnya Berbagi Ilmu mengatakan...

monggo bos..salam kenal jg..

Posting Komentar

INDAHNYA BERBAGI ILMU © 2008 Template by:
SkinCorner