SIGIN SOUND SYSTEM, Menyewakan Perlengkapan Untuk Hajatan Seperti Sound System, Terop, Video Syuting dan lain-lain. Dsn. Dungkul, Ds. Dawung, Jogorogo, Ngawi Lentho | INDAHNYA BERBAGI ILMU

Jumat

Lentho


Makanan khas Ngawi sangat banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah makanan yang satu ini yakni Lentho. Lentho sebenarnya merupakan makanan favorit saya waktu kecil. Namun seiring perkembangan zaman, Lentho sendiri agak terpinggirkan. Meskipun begitu untuk mendapatkannya tidak terlalu sulit untuk wilayah sekitar Ngawi. Anda bisa mendapatkannya diwarung-warung pinggir jalan. Untuk daerah saya tepatnya di Dusun Dungkul, Desa Dawung, Kecamatan Jogorogo, anda bisa mendapatkan atau membeli di warung Mbah Tukiyem atau sekarang diwariskan kepada anaknya Lek Karno.
Lentho rasanya sangat enak dan gurih. Jenis makanan ini sendiri kaya ragamnya, ada yang berbahan kacang Tanah ada juga yang menggunakan kacang Tolo. Selain itu, sebenarnya bahan dari kacang-kacangan bisa dipadukan sesuai dengan selera.
Cara membuat Lentho tidak terlalu sulit, Lentho dibuat dari tepung, kacang tanah dan kelapa. Sebelumnya kacang tanah direbus terlebih dahulu supaya empuk dan kelapa juga harus diparut. Kemudian tepung dicampur dengan kacang tanah, parutan kelapa dan dibumbui rempah-rempah, setelah itu adonan Lentho kemudian digoreng. Lentho memang terlihat keras bagian luarnya, itu karena supaya lentho renyah saat digigit dan sangat cocok dimakan pada saat masih hangat. Biasanya Lentho dihidangkan sebagai cemilan waktu santai.
Kalau anda ingin mencicipi rasa Lentho seperti apa, tetapi di daerah sekitar anda tidak ada, anda bisa berkunjung ke daerah Ngawi.

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Posting Komentar

INDAHNYA BERBAGI ILMU © 2008 Template by:
SkinCorner